Kredit UMI, Sinergi Kementerian Wujudkan Ekonomi Rakyat

By Admin

nusakini.com--Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama dengan Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencanangkan program pilot project pembiayaan untuk masyarakat kecil atau yang disebut Kredit Ultra Mikro (UMI) di beberapa wilayah sebagai wujud sinergi antar kementerian. 

“Di bawah 10 juta pinjamannya Ibu disini. Saya lihat antara 2 juta, 3-4 juta, 7 juta. Itu yang selama ini tidak tersentuh oleh kredit usaha rakyat. Ini yang kita sebut pakai UMI. Kalau UMI bahasa Arabnya adalah Ibu. Kebetulan ini semua peminjamnya Ibu-ibu karena Ibu-ibu biasanya kalau pinjam rapi, ya kan?,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di acara Sinergi Kementerian dalam Mengangkat Ekonomi Rakyat Melalui Inklusi Keuangan di Desa Angin Pasir, Mega Mendung, Kabupaten Bogor pada Senin (14/08). 

Menkeu menambahkan, negara hadir dalam kehidupan rakyat dalam berbagai bentuk. Ada yang melalui subsidi, kredit UMI, kredit usaha rakyat maupun dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH). 

“Jadi, saya berharap supaya Ibu-ibu sekalian ini makin guyub. Supaya kalau guyub itu saling membantu, hubungan sosialnya makin kuat. Itu yang disebut aset sosial. Itu yang disebut masyarakat yang kuat. Ekonominya dibangun, masyarakatnya rukun, saling membantu, saling peduli dan itu yang membuat negara kita menjadi kuat. Jadi, dalam hal ini negara hadir dalam bentuk bantuan melalui uang-uang pajak yang kita kumpulkan,” ungkapnya. 

Di akhir pidatonya, Menkeu menyampaikan apresiasi atas sinergi antar kementerian dalam upaya mengangkat ekonomi rakyat melalu inklusi keuangan. “Terimakasih atas kerjasama yang sangat-sangat baik pada hari ini. Semoga upaya kita untuk membangun Indonesia dengan memperkuat rakyat sehingga mereka mampu berdiri di atas kaki sendiri mendapatkan selalu ridho dan berkah Allah SWT,” pungkasnya. (p/ab)